Dengan SemangatBersyukur, Shakaro Foundation didedikasikan sebagai lembaga filantropi Indonesia yang bergerak di bidang Pemuda, Pendidikan dan Ekonomi (kreatif). Didirikan oleh generasi millenial Indonesia dari lintas profesi di Jakarta pada Desember 2015.

Untuk melahirkan manusia yang berketuhanan Yang Maha Esa serta manusia yang adil dan beradab. Langkah terkecilnya dengan bersyukur. Dengan rasa syukur tersebut, kita berharap negeri ini yang sejak dahulu sudah baldatun thoyyibatun ini, bisa mendapat predikat negeri yang robbun ghofur.

Semangat Bersyukur adalah refleksi dari tujuan tersebut.

Sebuah refleksi untuk menjalani kehidupan dengan rasa syukur. Apalagi jika kehidupan yang kita jalani semakin mapan, semakin besar pula tanggung jawab kita kepada sosial. Para pendiri SF mendedikasikan lembaga ini sebagai bentuk kesyukuran atas kemapanan yang telah dicapainya. Yaa, mesti nggak mapan-mapan amat sih.
Prinsipnya, untuk berbagi kepada sesama, tidak harus nunggu kaya raya. Bisa dimulai kapan saja, dengan berbagai cara. Syukur-syukur bisa dengan harta, tenaga dan pikirannya. Kalau belum mampu, yaa minimal dalam bentuk senyuman saja.
Jadi, tema kegiatannya tentang bersyukur gitu yaa?
Itu ruhnya, semangatnya, jiwanya. Aplikasinya bisa dalam berbagai hal. Karena segala pekerjaan jika diawali dengan rasa syukur, apapun hasilnya insya Allah akan memuaskan. Misalnya niih, kamu bercita-cita jadi pemimpin di sebuah organisasi. Nah, setelah terpilih jadi pemimpin, malah bekerja semena-mena dan merugikan organisasi. Apakah itu tidak kufur nikmatnya namanya?
Beda hasilnya kalau kita mulai dengan rasa syukur. Misalnya, sekian lama ingin bekerja supaya dapat uang sendiri. Setelah bekerja dan dapat uang, sebagian waktu, tenaga, pikiran dan harta diberikan untuk kebahagiaan orang lain yang membutuhkan. Karena sudah bisa mencari uang sendiri, maka sebagai rasa syukurnya kami alokasikan untuk kemaslahatan bersama.
That’s, what we did in SF.
Sila kunjungi menu aktivitas di website ini, untuk mengetahui kegiatan kami.
#SemangatBersyukur
Jabat Erat
Tim SF