Pada senin (7/12/15) lalu, di wilayah Pulo Nangka Barat RT 3, 6, dan 8 RW 16, Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur terjadi kebakaran cukup besar. Dikabarkan sebanyak 150 rumah hangus dimakan si jago merah. Menurut ketua RW setempat yang dikabarkan oleh Muttaki, tim Shakaro Foundation yang tinggal di sekitar lokasi kejadian, kebakaran disebabkan oleh tabung gas yang meledak.

Lima hari sejak kejadian berlangsung, kami baru mendapat kabar tersebut. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Untuk sementara, sambil menunggu pemulihan lokasi mereka tinggal di penampungan yang berlokasi tidak jauh dari tempat kejadian perkara.

Tidak banyak yang bisa kami berikan, namun berkat izin dari Allah, teman-teman Jurnalis (dan Alumni) Majalah SWA ikut berpartisipasi memberikan bantuan untuk korban kebakaran di Pulonangka.

Kondisi saat kebarakan (bawah) dan setelah terjadi kebakaran (atas) Foto: Muttaki

Pada hari minggu pagi, dana sebesar Rp 800.000 berhasil kami kumpulkan dan langsung disalurkan kepada korban lewat rekan kami Muttaki. Di hari selasa, 15/12/15 kami mendapatkan kembali tambahan sebesar Rp 550.000 dari teman-teman Jurnalis Majalah SWA.

Agar makin puas membantu sesama, kami bersama beberapa pemuda sekitar Pulonangka yang bukan korban kebakaran menggelar konser amal pada Senin malam (14/12/15). Kami berkeliling sekitar lokasi untuk menggalang dana. Dan alhamdulillah konser berjalan lancar dan terkumpul Rp 250.000

Jadi, total dana yang yang sudah kami terima sebesar Rp 1.600.000. Adapun kegunaan dari dana tersebut, dipakai untuk berbagai kebutuhan konsumsi para pengungsi.

Terima kasih atas bantuan dan saluran tangan para pendonor. Semoga Allah melapangkan rizki, memperluas keberkahan dan memberi kemudahan setiap langkah yang dikerjakan. amiin.