Dalam satu dekade terakhir Ilmu Komunikasi, sebagai salah satu jurusan di universitas peminatnya selalu bertambah secara signifikan, Itu ditunjang fakta bahwa praktik dunia komunikasi berkembang semakin dinamis. 

Begitu juga dengan Public Relations(PR) sebagai salah satu cabang ilmu dari Komunikasi pun demikian, fungsi PR yang awalnya hanya berperan sebagai penyampai pesan saat ini sudah dalam tataran manajemen, khususnya strategi komunikasi perusahaan.

Saat ini, seluruh perusahaan dalam berbagai bidang dan sektor sudah menyadari pentingnya PR dalam mendukung keberhasilan dan keberlangsungan sebuah perusahaan, meski dalam praktiknya peran dan fungsi PR belum seragam. Di industri bisnis dan sektor swasta praktisi PR sudah banyak ditempatkan pada posisi strategis, namun di sektor pemerintah sebagian besar masih menempatkan PR hanya sebagai pekerja teknis.

Perbedaan peran dan fungsi itu menciptakan karakteristik dan keunikan tersendiri di kalangan praktisi PR, sehingga muncul segmentasi praktis dalam industri PR yang menarik untuk dibahas dan disampaikan kepada mahasiswa terkait pengalaman berkarir antara PR Swasta dengan PR Pemerintah.

Dewasa ini cara kerja PR mulai dinamis dengan pemanfaatan teknologi Informasi, melalui jaringan internet sebagai media bekerja, penyebarluasan berita atau informasi melalui media sosial dan jejaring sosial dapat meningkatkan hubungan yang lebih baik antara PR dengan masyarakatnya sehingga informasi yang diberikan lebih cepat sampai dan dapat dilakukan dimana saja, tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Dulu kita selalu memahami bahwa tugas PR adalah 24×7 jam, namun di era PR 4.0 menjadi 7×1.440 menit, saat ini hitungannya menjadi menit bukan lagi jam. PR harus selalu aware dengan situasi yang terjadi.

Dengan perkembangan zaman, seorang praktisi PR harus mempunyai strategi baru untuk dapat menarik perhatian khalayak dan dapat langsung mencakup segmentasi perusahaan, khususnya millenials yang berprofesi sebagai praktisi PR dituntut untuk lebih kreatif agar dapat mencakup seluruh khalayak sehingga program kerja yang dijalankan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat demi menjalankan visi dan misi perusahaan.

Oleh: Leidena Sekar Negari – Pranata Humas Setjen & BK DPR RI

Leave a Comment