MBerbicara animasi dan tokoh kartun anak-anak yang biasa menghiasi layar kaca di Indonesia, tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama-nama seperti Upin dan Ipin, Tayo the Little Bus, Masha and The Bear dan berbagai kartun animasi yang inspiratif dan edukatif lainnya.

Selain, nama-nama kartun tersebut di atas, di Indonesia sendiri telah hadir berbagai karakter kartun animasi yang tidak kalah inspiratif dan edukatifnya. Setiap tayangannya selalu mengedepankan unsur-unsur pendidikan dan mengajarkan budi pekerti di tengah perkembangan teknologi.

Salah satu kartun animasi buatan bangsa Indonesia yang mendapat apresiasi yang tinggi dari masyarakat Indonesia adalah serial Nussa yang diproduksi oleh The Little Giantz, perusahaan 3D animasi yang berkantor di Cilandak Jakarta Selatan.

Antusias tersebut dapat dilihat dari pertama kali tayangan teaser trailer diunggap pada bulan Nopember 2018. Dalam kuran waktu kurang dari satu bulan, akun Nussa Official di Youtube Channel tersebut telah memiliki satu juta penonton mendapatkan silver play button dari Youtube.

Jumah subscribernya pun terus bertambah, tercatat hingga tulisan ini dibuat jumlahnya sudah mencapai 2 juta. Angka tersebut diraih hanya dalam waktu kurang dari enam bulan sejak pertama kali diperkenalkan ke public lewat media sosial.

Cerita yang diangkat setiap minggu di kanal Youtuber tersebut sangat dekat kehidupan sehari-hari, seperti etika sebelum tidur, menyertakan Allah dalam setiap kegiatan, belajar ikhlas, tidak mengeluh dan berbagai nilai-nilai kebaikan dan budi pekerti yang ditanamkan dalam setiap tayangan.

Dalam series tersebut, Nussa memilik adik bernama Rara dan kucing lucunya bernama Anta. Nussa, Anta dan Rara kemungkinan besar adalah akronim dari Nusantara. Harapannya melalui tayangan Nussa ini, generasi masa depan Nusantara bisa menjadi manusia yang berbudi tinggi.

Selain Nussa, ada juga animasi kartun The Diva Series, yang diproduksi oleh Kastari Animation. Tidak jauh berbeda dengan Nussa, The Diva Series juga mengedepankan nilai-nilai kebaikan dan budi pekerti dalam setiap tayangannya. Dikemas dengan cara yang asyik dan seru.

Bercerita tentang gadis kecil bernama Diva yang selalu ditemani oleh kucing putih yang lucu bernama Pupus. Bersama teman temannya dengan latar belakang suku dan agama yang berbeda, Mona, Febi, Putu dan Tomi, banyak konflik seru yang terjadi setiap hari.

Kastari Animation merupakan brand dari  yang berdiri pada tahun 2004 dan bergerak di bidang multimedia/animasi. Hingga saat ini Kastari Animation yang berkantor di Tangerang Selatan itu, telah memproduksi puluhan film animasi yang kental dengan muatan pendidikan, pengetahuan dan spiritual bagi anak-anak bangsa.

Perkembangan animasi yang cukup baik di Indonesia ini menjadi bukti nyata bahwa animator-animator Indonesia tidak kalah hebat dengan para animator bangsa lainnya.

Terkait dengan hal ini, Bony Wirasmoro, Direktur Kreatif The Little Giantz Studio mengungkapkan bahwa animator di Indonesia sudah tidak lagi dipandang sebelah mata. Pertumbuhan Industri Animasi semakin berkembang seiring perkembangan teknologi yang ada

Bahkan Indonesia sendiri sudah mulai dilirik oleh pasar Internasional.  Sehingga perlu adanya pendidikan yang berkualitas untuk menciptakan pruduk produk unggulan dalam bidang Animasi yang diakui oleh dunia Internasional.

Leave a Comment