Biasakan Kepo Pada Tempatnya

 

Setiap manusia di dalam menjalani kehidupannya tidak selalu merasa bahagia, ada saja hal-hal yang menguji kesabarannya. itulah mengapa Allah sebagai pencipta manusia memerintahkan mereka untuk selalu mengingat-Nya.

Jika kita mengingat kekasih atau orang yang kita cintai dengan membayangkan wajah mereka, atau mengingat masa-masa indah bersama mereka, tentu mengingat Allah bukan dengan cara membayangkan bagaimana bentuk Allah, karena sudah pasti kita tidak akan sanggup.

Yang bisa kita lakukan adalah mengingat bahwa segala masalah yang kita hadapi pasti akan bisa diselesaikan dan diberi jalan keluar yang terindah oleh Allah.

Itu jika kita mengingat Allah dalam keadaan kita duka atau sedang mengalami kesulitan hidup. lalu, jika kehidupan kita berjalan baik-baik saja, rezeki mengalir lancar, kesehatan prima, apakah kita tidak perlu menginat Allah? na’udzubillah min dzalik, kita berlindung kepada Allah dari sikap demikian.

Mengingat Allah disaat kita baik-baik saja, sebagian caranya adalah dengan mensyukuri nikmat yang ada, lebih spesifiknya adalah dengan menggunakan nikmat itu sebaik-baiknya.

Sebagai contoh otak yang telah disematkan oleh Allah di kepala kita, hanya ada dua kemungkinan bagi kita, sedang berada di golongan orang yang mengingat Allah atau tidak di dalam menyikapi pemberian Allah yang satu ini, yaitu otak kita.

Otak itu alat perfikir, hasil berfikir namanya Akal. Nah, saat otak kita dipakai untuk ngepoin hal-hal yang baik. Seperti belajar, menambah wawasan yang baik, maka kita sedang mengingat Allah. Berarti akal kita sedang waras tuuh.. hehe

Tapi, kalau malah dipakai  untuk menikmati hal-hal yg buruk, tidak menambah ilmu, apalagi untuk yang jelas kemaksiatannya, maka sudah pasti, kita sedang tidak mengingat Allah.

Dan KEPO, alias rasa ingin tahu akan kebaikan adalah indikasi bahwa akal kita sedang berfungsi sebagaimana ia diciptakan. apakah akal kita sedang berfungsi atau tidak? ya cari saja di dalam otak, apa yang ia fikirkan.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *