Ruang Berbagi dan Bersinergi Anak Zaman Now

Kita butuh ruang yang lebih banyak lagi untuk menyebarkan kebaikan dan produktifitas anak millennials

Istilah bonus demografi sudah bukan hal yang asing lagi di telinga kita. Sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS) bonus demografi di Indonesia sudah berlangsung sejak tahun 2010 dan akan berakhir pada tahun 2036. Pada tahun itu, jumlah usia produktif (usia 16- 64 tahun) akan mencapai 70 persen dari total penduduk di Indonesia.

Sebuah modal (window of opportunity) yang besar bagi kita untuk menyongsong Indonesia emas pada usia satu abad tahun 2045. Hanya saja, bonus domografi yang hanya datang satu kali dalam putaran waktu satu millennium ini menjadi tantangan tersendiri.

Besarnya jumlah usia produktif di Indonesia adalah peluang untuk membangitkan engine of growth bagi perekonomian yang berdampak pada kesejahteraan dan keadilan sosial di Indonesia. Sebaliknya, jika tidak dipikirkan dan digarap dengan maksimal potensi ini, bisa menjadi ancaman tersendiri bagi kita.

Berkaca pada negara-negara maju di dunia, rata-rata kebangkitan mereka dengan memanfaatkan potensi bonus demografi. Negara-negara di Eropa misalnya, bonus demografi mereka terjadi bervariasi antara rentang tahun 1950-2000. Di China, saat ini tengah menikmati bonus demografi yang sudah dimulai sejak tahun 1990. Sementara negara-negara di Afrika, baru akan mendapatkan bonus demografinya pada tahun 2045.

Inilah saatnya bagi Indonesia, untuk memanfaatkan window of opportunity ini sebagai bekal menyongsong usia satu abad Indonesia dengan kualitas sumber daya manusia yang inovatif, kreatif, unggul dan bisa menjadi pembaharu di tengah persaingan global yang semakin ketat.

Tantangan tersebut yang butuh sinergi kita bersama. Sinergi menciptakan ruang kebaikan bagi generasi millennials. Tempat berbagi dan bersinergi generasi zaman now untuk menyebarkan semangat kebaikan dan melahirkan sumber daya manusia yang produktif dan revolusioner.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *